Tips Belanja Online dengan Aman


Tips Aman Belanja Online

Belanja secara online merupakan salah satu hal yang sedang digandrungi dan menjadi trend di kalangan masyarakat baru-baru ini. Kemudahan yang diperoleh dari hasil perkembangan teknologi canggih , mengakibatkan dampak yang besar dari gaya hidup saat ini. Belanja secara online merupakan salah satu solusi karena kendala yang diperoleh selama ini saat ingin berbelanja secara langsung, seperti kurangnya waktu, malas keluar rumah,kendaraan, kemacetan dan minimnya barang yang dapat dipilih di tempat tertentu.

Untuk dapat berbelanja secara online kita hanya perlu memilih produk yang kita inginkan dan melakukan pembayaran yang bervariatif dari mulai transfer bank, pay pal , kartu Kredit , dan masih banyak lagi, selanjutnya barang yang kita beli akan dikirim ke tempat kita melalui jasa pengiriman. Mungkin karena hal tersebut yang terdengar sangat enteng, mudah dan menyenangkan , sehingga banyak yang menyenangi. Tapi seperti layaknya bisnis dunia nyata, bisnis yang dilakukan secara online juga kerap berbau kecurangan. Hal tersebut lah yang membuat kita sedikit merasa risih , dan hars berhati hati untuk melakukan transaksi belanja secara online.
Oleh karena itu, saat berbelanja secara online anda harus memperhatikan beberapa Tips, sehingga akan mengurangi ,kalau bisa sih menghindari potensi kerugian yang dapat terjadi pada anda.

Tips Belanja online dengan aman

1. Perhatikan tempat/situs anda belanja
Saat berbenlanja online yaitu pastikan dan lihatlah dengan teliti situs tempat anda belanja online. Terutama jika berbelanja melalui forum dan online shop tertentu yang bersifat gratisan dan tidak jelas/ terpercaya, usahakan jika anda belanja secara online penjual tersebut memiliki toko online sendiri yang lengkap dan kelihatan profesional, seperti menggunakan Top level Domain /berbayar dan menu navigasi web yang baik , Perhatikan juga link / Banner iklan yang tersedia , Promosi yang di tawarkan .

2. Profil penjual yang sejelas
Selain memperhatikan online shop  , anda juga harus memperhatikan Profil si penjual dengan jelas dan teliti, apakah dia bekerja dan mengelola toko online secara pribadi?, siapakah dia? Dimana tempat tinggalnya dan bagaimana saja anda dapat menghubunginya Biasanya Terdapat Kontak informasi . Dengan memperhatikan hal – hal tersebut dan di barengi dengan pelayanan dari penjual  yang baik, pastinya kita akan lebih  yakin , bahwa transaksi yang akan kita lakukan tersebut aman.

3. Harga  jelas dan sesuai ( tidak terlalu murah )

Harga merupakan salah satu hal yang sangat kita perhatikan saat membeli online. Hal itu pula yang justru malah menjadi incaran penipu untuk menipu pelanggan, oleh karena nya perhatikan harga yang diberikan penjual. Apakah harga tersebut masuk akal? Dan sesuai dengan pasaran barang yang ingin anda beli, anda perlu curiga kalau harganya terlalu murah  ( karena bisa jadi itu hanya oknum penipu ) yang ingin mengelabuhi dengan harga murah.

4. Perhatikan Testimoni dan rating yang bagus dari konsumen

Testimoni, pendapat atau rating yang di berikan oleh pelanggan, merupakan hal yang harus anda garis bawahi .dan dapat kita gunakan untuk melihat ke absahan toko online atau pengelola toko online tersebut. Jika rating dan testimoni yang di berikan pembeli dan pengunjung sangat baik, hal tersebut tentunya dapat menjadi nilai plus bagi penjual dimata anda dan sebaliknya,jika rating dan testimoni dari pengunjung kurang memuaskan ( anda patut berhati hati )

5. Sistem pembayaran yang di tawarkan
Melihat sistem pembayaran yang disediakan situs tempat anda ingin membeli tersebut. Jika toko online pastikan bahwa sistem pembayaran yang diberikannya beragam yang menandakan keseriusannya dalam mengelola tokonya serta mempermudah dan menghemat biaya pengiriman anda. Jika melalui sistem pembayaran lainnya seperti paypal , bit coin  dan lain-lain pastikan sistem dan manufer pembayaran yang diberikannya juga wajar dan jelas. Saya sarankan kalau transaksi anda berjumlah besar lebih baik memakai jasa REKBER (Rekening Bersama ) agar lebih aman .
Tips Aman Belanja Online

Nah Tips di atas merupakan Tips Belanja Online , Meskipun begitu banyak juga modus penipuan baru . jadi Alangkah baiknya anda tetap berhati hati dalam Belanja Online .
Sekian  Tips Belanja Online dengan Aman .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
14 May 2015 at 12:21 delete

Kalo saya belanja online lebih suka di blibli ato tokopedia Cheat Game Android

Reply
avatar